Read

Bagaimana Mengembangkan Metodologi Aksi Perubahan Iklim Merujuk ISO 14080

Sebuah rencana kegiatan dapat cepat diwujudkan melalui standardisasi yang baik, tidak terkecuali pada kegiatan mitigasi perubahan iklim. Melalui penggunaan kerangka kerja dalam metodologi yang telah terstandardisasi, kegiatan-kegiatan terkait pencegahan perubahan iklim yang akan/sedang dilakukan dapat dilaksanakan dan dihimpun menjadi suatu program yang baik.

Salah satu standar yang sedang dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO) adalah ISO 14080 dengan judul "Manajemen Gas Rumah Kaca dan Kegiatan Terkait - Kerangka dan Prinsip untuk Metodologi pada Aksi Iklim". Standar ini bertujuan untuk membantu otoritas publik dan industri dalam menyusun tindakan yang terpercaya, transparan dan koheren untuk iklim. Selain itu, standar ini akan membahas mengenai metodologi yang dapat digunakan oleh semua pihak yang berkepentingan dalam aksi perubahan iklim. Agar dapat dilakukan penempatan kegiatan aksi perubahan iklim yang sesuai, perlu dimulai dengan menentukan kerangka kerja sehingga didapatkan pengembangan metode konsisten dan dapat dibandingkan sebagai pedoman nyata.

Bagaimana mengembangkan metodologi yang baik dalam memulai aksi mitigasi perubahan iklim merupakan pertanyaan penting yang perlu dijawab sebelum melakukan kegiatan. Sehingga, proses kegiatan yang dilakukan akan lebih efisien dan dapat direplikasi di tempat lain maupun dihitung secara kolektif dengan lebih baik.

Download File :